Sabtu, 13 Juni 2009

Cemas karena Masturbasi / Onani


Yth, dr. Ali

Dokter, saya NN di Singkawang umur 17 tahun belum nikah, baru punya cowok, saya minta informasi dok. Sejak saya berumur 11 tahun ketika saya mulai dapat mens, gairah seks saya sangat meningkat sehingga saya sering sekali melakukan gesekan pada kemaluan saya dengan menggunakan bantal atau boneka yang lembut dan sejak 3 tahun terakhir saya melakukan masturbasi dengan tangan saya. Belakangan ini setelah saya punya pacar saya selalu ingin pacar saya melakukan gesekan tangannya pada kemaluan saya tetapi sampai sekarang saya belum pernah melakukan hubungan seks. Saya menikmati cara masturbasi ini dok, tetapi saya selalu merasa takut dan cemas setiap kali setelah melakukannya dok. Saya khawatir apakah perilaku ini adalah suatu kelainan jiwa dan apakah gairah seks pria sama dengan wanita? Bagaimana cara mengatasi keinginan seks yang mengebu-gebu dan apakah akan berbahaya untuk kesehatan dan apakah bisa kena penyakit kelamin? Mohon dijawab ya dokter dan terima kasih atas perhatiannya.

Sdri NN,

Setiap orang baik pria maupun wanita yang normal mempunyai gairah seksual / libido karena adanya pengaruh dari hormon pertumbuhan dan hormon seks, salah satunya yaitu androgen dan hormon ini meningkat produksinya pada saat menarch (pertama kali menstruasi / datang bulan) pada wanita dan saat puber pada pria, sehingga gairah seks setiap orang tidak akan sama karena tergantung kadar hormon dan kesehatan tubuhnya.
Karena adanya dorongan seks maka timbul bangkitan seksual dimana terjadi perasaan ingin menikmati kenikmatan seks yang mana pada pria ditandai dengan mulai terjadi ereksi dan sedikit keluar cairan bening pada saluran dipenisnya sedangkan pada wanita ditandai dengan mulai keluarnya cairan yang banyak pada dinding bagian dalam vagina sehingga vagina menjadi basah dan siap untuk melakukan aktivitas seksual. Untuk menuntaskan kepuasan seksual / kenikmatan seks / orgasme maka dapat melakukan hubungan seksual atau dengan cara masturbasi / onani.
Masturbasi / onani jika dipandang dari sudut kesehatan tidak menimbulkan pengaruh buruk terhadap kesehatan, hanya saja jika melakukan masturbasi yang tidak sehat yaitu dengan menggunakan alat-alat yang kasar dan dimasukkan kedalam kemaluannya, juga tidak menjaga kebersihan (baik mecuci tangan ataupun menjaga kebersihan alat kelaminnya) dapat menimbulkan penyakit kelamin seperti infeksi, misalnya pada wanita dapat timbul keputihan yang berbau, gatal dan nyeri di kelamin. Sedangkan karena faktor psikis / kejiwaan yang sangat dipengaruhi oleh norma keagamaan dapat menimbulkan rasa bersalah, cemas, waswas, takut dan lain-lain yang mana jika tidak pernah memahaminya lama kelamaan dapat mempengaruhi kehidupan seksual seseorang.
Untuk mengatasi keinginan anda yang mengebu-gebu tersebut maka anda harus memperbanyak kegiatan / kesibukkan lain seperti belajar, bekerja bersama teman-teman dan usahakan jangan sering menyendiri sehingga dapat mengalihkan pikiran dan perasaan serta keinginannya. Terima kasih, semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar: